Project ini merupakan project renovasi dari sebuah bangunan yang sempat berhenti. Dari proses konstruksi sebelumnya, sudah ada sebentuk massa bangunan dengan profil H. Namun setelah dipelajari, bangunan tersebut telah melampaui beberapa parameter ketentuan membangun di daerah tersebut. Selain itu, massa bangunan yang menyisakan void di tengah ternyata kurang menguntungkan secara visual penghuni serta pemanfaatan energi dari sinar matahari ataupun angin.

Perubahan massa dilakukan untuk menepati KDB diarea tersebut yang bernilai maksimum 30%, membuat sisa dari luas lahan 1400m2 menjadi ruang terbuka hijau. Area bekas bongkaran massa eksisting, diolah menjadi ruang terbuka dan kolam renang untuk semakin meningkatkan kenyamanan berhuni.

Massa bangunan akhir yang terbentuk menghasilkan potensi-potensi bukaan maksimal ke arah utara dan selatan. Untuk bagian bangunan yang orientasinya ke sisi barat , ditambahkan fitur “Sun Shading” vertikal maupun horisontal. Hal ini agar “Shading Coeficient” pada bidang jendela-jendela menjadi baik.

Sirkulasi - sirkulasi ke ruangan-ruangan fungsional yang mengarah ke ruang terbuka dilengkapi dengan fitur penghalang air hujan yang terbuat dari vertical garden. Hal ini selain fungsional untuk menambah shading untuk area bangunan berorientasi ke timur, juga bisa menambah “green coverage” pada hunian ini.

Seluruh air hujan yang jatuh di atap maupun di lansekap, sebesar-besarnya ditampung ke banyak sumur resapan yang terletak di area halaman mengadopsi perhitungan “Zerro Run Off”.

Diharapkan dengan hadirnya hunian komunal seperti ini, dapat menjadi pembeda dengan properti sejenis di area Pasar Minggu khususnya dan juga memberi sumbangan positif bagi Jakarta Selatan secara makro.

 

Structure Consultant : PT Pelita Reka Cipta

MEP Consultant : PT MEPraya Teknindo Konsultan

Quantity Surveyor : Agung N

Rendering Collaborator : Satrio Anindito