Rumah yang nyaman, fungsional untuk 3 keluarga (saat ini) dan suatu saat benar-benar bisa di bagi 2 untuk kondisi tertentu. Itulah TOR awal yang kami dapatkan saat bincang awal dengan pemilik hunian dengan latar belakang profesi sebagai dokter. Mendapati posisinya dalam keadaan kavling deret, sudah terjepit di 3 sisi, dengan posisi tanah memanjang utara selatan, membuat kami ingin memecah konfigurasi massa agar menjadi lebih tipis dan menghasilkan orientasi utara-selatan.

Menepati peraturan membangun di area tersebut dan menyelipkan area hijau di tengah kavling menghasilkan masa bangunan yang berorientasi utara selatan dan memiliki keuntungan mendapatkan bukaan seluas-luasnya untuk memasukkan cahaya matahari. Hasilnya, nyaris di setiap ruangan, kita bisa melihat pohon yang tersebar dari taman di bagian depan, tengah dan belakang. Beda tekanan udara akibat bayangan dari pepohonan tersebut juga akan semakin membuat aliran udara alami kedalam ruang-ruang di rumah ini makin berjalan dengan baik.

Kami juga menambah “green coverage” dari yang seharusnya berada didasar bangunan, dengan membuat roof garden di sekitar “skylight” atap carport. Roof garden tersebut merupakan area melakukan hobby berkebun sang pemilik dan sekaligus bisa mengurangi “heat island effect” dari munculnya bangunan ini kepada lingkungan sekitarnya.

 

Structure Consultant : PT Pelita Reka Cipta

MEP Consultant : PT MEPraya Teknindo Konsultan

Soil Test Surveyor : PT Cakrawala Rekayasa (Cresco)

Rendering Collaborator : Satrio Anindito

Main Contractor : Tommy Irsam